Polda Sulsel Ajak LSM dan Wartawan Awasi Seleksi Penerimaan AKPOL

23 - May - 2013 | 15:17 | by: Mariani
Polda Sulsel Ajak LSM dan Wartawan Awasi Seleksi Penerimaan AKPOL
Wakapolda Sulsel, Brigjend Polisi, Syahrul Mamma
Makassar, Beritakota Online-Kapolda Sulsel Irjen Pol. Drs. Mudji Waluyo, S.H., M.M. yang diwaliki Wakapolda Sulsel Brigjen Pol. DR. H. Syahrul Mamma, S.H., M.H. didampingi oleh Irwasda Polda Sulsel Kombes Pol. Drs. H. E. Permadi, M.H. dan Karo SDM Polda Sulsel Kombes Pol. Drs. H. M. Asep Syahruddin, M.Si., M.H. memberikan arahan kepada para orang tua/wali peserta seleksi Taruna Akpol T.A. 2013.
Pada kesempatan tersebut Wakapolda Sulsel, Irjen Polisi, Syahrul Mamma membacakan sambutan/arahan Kapolda Sulsel bahwa pada prinsipnya pelaksanaan seleksi Taruna Akpol T.A. 2013 dilaksanakan secara profesional sesuai dengan ketentuan, prosedur / mekanisme dan aturan yang berlaku yang menggunakan prinsip BETAH (Bersih, Trasparan, Akuntabel dan Humanis), bersih berarti tidak ada unsur KKN, Trasparan : terbuka dan setiap tahapan seleksi hasilnya dapat dilihat secara langsung, Akuntabel : dapat dipertanggungjawabkan dan diawasi oleh tim pengawas eksternal dan internal, Humanis : tidak ada diskriminasi antara para peserta dan diberlakukan sama, mempunyai hak yang sama dalam mengikuti seleksi tersebut.
Kepala Bidang Humas Polda Sulsel, Komisaris Besar Polisi, Endi Sutendi menjelaskan Melalui arahan tersebut kapolda juga menyampaikan kepada seluruh orang tua / wali agar tidak percaya kepada calo yang menjanjikan dapat meluluskan peserta tersebut namun harus percaya pada diri sendiri / kemampuan diri sendiri, sejalan dengan itu dalam proses penerimaan / seleksi Taruna Akpol T.A. 2013 tersebut dimana proses pendaftarannya memanfaatkan IT yaitu dengan mendaftar on-line, katanya.
Menurut Endi dalam Proses Seleksi ini juga melibatkan pihak-pihak terkait dalam rangka menjaga kualitas, netralitas dan independiesi proses seleksi antara lain melibatkan pihak IDI, HIPSI, LSM dan wartawan selaku pengawas eksternal, Irwasda Polda Sulsel dan Propam Polda Sulsel selaku pengawas internal, kemudian membuka posko pengaduan rekrutmen jika ditemukan hal-hal yang merugikan peserta seleksi yang dilakukan oleh oknum tertentu / oknum panitia atau pihak lain yang terkait pelaksanaan proses rekrutmen tersebut dan terhadap setiap pengaduan tersebut akan ditindak lanjuti secara profesional dan proporsional sesuai ketentuan hukum yang berlaku, jelasnya.

Comments

Popular posts from this blog

contoh teks protokol shalat sunat tarawih masjid darul istiqomah

Cerpen Persahabatan Sejati "Senyum Terakhir"

Contoh Naskah Drama Singkat Sahabat Sejati